Artikel Terbaru

5 Penyebab Listrik Boros Ternyata Dari Sini, Yuk Perbaiki ?

Kito Palembang - Penyebab Listrik Boros apa ya ? Kami punya temuan yang harus anda simak. Kenapa ? Karena borosnya listrik dari hal-hal sepele yang sebenarnya masih sangat bisa untuk diperbaiki. Ya, bahkan sangat bisa loh.

Subsidi listrik dicabut, ditambah lagi prilaku sehari-hari kita yang gak hemat listrik membuat tagihan listrik membludak. Plus..... BBM, ikut naik sehingga harga sembako pun ikut naik. Ekonomi semakin berat karena pengeluaran banyak.

Belum lagi ada anak sekolah, bayar kredit rumah dan mobil serta iuran arisan bulanan yang tidak bisa ditempo membuat dramatis hidup ini. Seolah kepala dibuat pening setiap hari karena kebutuhan-kebutuhan yang harus dibayar dengan uang. Hmmmm sabar ya.

Kini memang kebutuhan kita makin dibuat mahal, entah memang karena wayahnya atau ada kepentingan lain dibalik ini. Ada yang bilang karena nilai tukar rupiah, ada juga yang punya data bahwa ini akibat inflasi yang terus melonjak.

Terserah lah dengan semua alasan itu, yang jelas setiap orang punya kacamata tersendiri untuk menyikapi hal ini. Kalau keluarga kami lebih menyikapi dengan mengkoreksi segala pemborosan yang ada di rumah seperti boros kuota, boros air, boros listrik dan boros muka.

Khusus untuk listrik, bulan kemarin keluarga dibuat heboh, karena tiba-tiba pembayaran membengkak 100 persen. Bayangkan !!! Biasanya Rp.100.000 per bulan jadi Rp.200.000 per bulan. Sebelumnya memang diberitakan bahwa ada pencabutan subsidi listrik. Ini tentu ada hubungannya dengan tagihan bulan yang tiba-tiba naik drastis. Lalu kami menyiasati denga cara penghematan.

1. Mematikan Lampu Tepat Waktu
Tak hanya kuliah saja yang harus tepat waktu, namun mematikan lampu juga harus. Perlu diketahui bahwa penyebab listrik boros adalah keseringan tak mematikan lampu setelah matahari mulai melampui  bumi. Kadang lampu tak dimatikan hingga siang. Padalah si matahari sudah terang benderang. Misal, dirumah saya ada 4 ruangan dan 2 kamar terpisah di belakang. Ada 2 ruangan yakni ruang solat dan dapur yang sering kelupaan kami matikan lampunya. Oleh sebab itu tagihan listrik makin naik. Apalagi telah dicabut subsidinya, maka kami putuskan untuk rajin mematikan lampu di 2 ruangan ini.

2. Mematikan Televisi Saat Tidur
Penyebab listrik boros yang kedua saat kami ketiduran setelah menonton tipi. Jujur kalau yang ini kelakuan saya. Begadang nonton bola dan movie vaganza ala tipi membuat saya terpukau. Terpukau membuat saya nyaman. Nyaman membuat saya ngantuk. Ngantuk membuat saya ketiduran tanpa mematikan tipi hingga larut pagi. Al hasil pemakaian listrik membengkak. Ini murni kesalahan saya. Tapi jangan-jangan ada juga salah seorang anggota keluraga anda yang seperti saya. Kayaknya ada. Tuh si papa yang suka bola. Inget subsidi listrik dicabut loh.


 Ilsutrasi: Foto (Ist)
3. Kontrol AC
Ini yang menjadi tabiat banyak orang. Suhu AC diatur sampai 16 derajat, padahal suhu dingin di Kawasan Puncak Bogor umumnya 15 sampai 16 derajat. Artinya bahwa AC dipaksa mendinginkan rungan, bukan menyejukan ruangan. Al hasil listriknya nyedot banget deh. Atur suhunya dengan sabar, perlahan-lahan juga sejuk kok. Jangan tau tau mau dingin. Kan daya listriknya jadi nyedot banget. Penyebab listrik boros yang satu ini sering terjadi loh, dan tidak disadari.

 Ilsutrasi: Foto (Ist)

4. Cabut Casan HP
Mengisi daya smartphone adalah kebutuhan setiap hari para penghuni bumi jaman now. Tapi kadang hp sudah penuh tetap saja dicas. Contohnya saya, jadi setiap hari saya ngecas hp dua kali sehari. Siang dan Malam. Kalau malam tak biarin ngecas sampe pagi. Ternyata ini ikut menarik daya listrik walau baterai hpnya sudah penuh. Saya baru tahu setelah membaca di intenet. Jadi selama ini saya melakukan pemborosan tiap malam. Apa anda juga ? (Baca Juga: Toko Elektronik di Palembang)


Ilsutrasi: Foto (Ist)

5. Stop Buang-buang Air
Perlu digaris bawahi. Ini khusus untuk yang punya sumur sendiri. Seperti saya. Pagi sebelum kerja saya mandi, sebelumnya saat subuh saya juga cuci muka dan wudhu. Pulang sore saya mandi lagi. Berarti saya mandi dua kali dengan air puluhan liter mengguyur badan bohai saya yang kayak CR7. Dirumah ada 4 orang artinya jika dijumlah bisa ratusan liter hanya untuk mandi.

Saya sengaja tidak menghitung kebutuhan air untuk ngepel, mencuci, nyiram bunga dan nyiram tetangga yang suka ngrumpi disamping rumah. Silahkan anda hitung dan kalkulasi, berapa kebutuhan air dalam sehari. 

Berapa daya listrik ( Toko alat lsitrik di Palembang ) yang digunakan untuk menyedot air ini. Oleh sebab itu saya sekarang sudah mengurangi kebiasaan siram-siraman air dengan tetangga, karena itu penyebab listrik boros. Anda juga harus menghitung kebutuhan air anda, dan mengurangi pemborosan air. Misal, anda mencuci dengan air bilasan sampai 2 kali. Kini sudah ada detergen sekali bilas yang bisa membantu pengiritan anda loh.

Selain 5 hal ini, ada banyak lagi yang membuat tarif listrik anda menjadi boros. Silahkan anda cari. Jika menemukannya jangan lapor ke pak RT. Cukup sikapi dengan cara penghematan. Ubah prilaku boros anda untuk menghemat biaya. Lebih baik anda tabung uang anda ketimbang anda habiskan untuk hal yang tak berfaedah itu.

Demikianlah informasi terkait penyebab listrik boros. Semoga bisa menjadi referensi untuk gaya hidup ekonimis anda. Selamat mencoba. Silahkan bantu sebarkan artikel ini jika dirasa perlu. Anda juga bisa berbagi tips cata mengehemat listrik di kolom komentar ya.