Artikel Terbaru

2 Gunung di Sumatera Selatan yang Eksotis Untuk Pendakian

Kito Palembang - Gunung di Sumatera Selatan yang eksotis untuk pendakian. Saat ini salah satu jenis wisata yang cukup banyak pemintanya yakni wisata pendakian gunung. 

Kalau dahulu, wisata jenis ini hanya sedikit dilakukkan orang. Namun saat ini sudah banyak orang yang tau keindahan pemandangan yang bisa dinikmati dari atas gunung.

Apalagi sejak kemunculan salah satu film yang mengangat tentang perjalanan pendakian gunung yakni 5 cm. 

Sejak itu banyak yang berbondong-bondong naik gunung semeru. Selanjutnya pun menular ke banyak gunung lain termasuk yang ada di sumatera selatan.

Sebelum membahas mengenia beberapa gunung yang bisa didaki, kami punya sedikit cerita tentang mendaki gunung.

 “Makanannya Sih Biasa Tapi Tempat Makanya Yang Luar Biasa”

Bagi pendaki gunung makan di puncak gunung itu hal biasa, tapi bagi yang belum pernah mungkin pernah berkeinginan untuk mencobanya. Makan apapun akan nikmat ketika didepan mata kita adalah gulungan awan yang terhampar luas.

 Itu yang saya rasakan ketika dirasakan pendaki gunung, walaupun makanan hanya mie instan dan nasi secukupnya namun lezatnya melebihi rendang, walau terkadang sepiring berdua, bertiga, berempat dan ber ber berbanyakan namun tetap kenyang.

Bahkan makan dengan berpiring jas hujan pun pernah kami rasakan dan rasanya super lezat asal itu diatas awan. Kalo yang belum pernah mencoba silahkan mencoba mendaki gunung, kalo takut ajak kami aja.

 “Cerita tamat”

Itulah sedikit cerita yang menggambarkan nikmatnya mendaki gunung meski dengan keterbatasan saat dipuncaknya. Selanjutnya kita bahas lagi mengenai gunung di Sumsel. Berikut adalah daftarnya:

1 Gunung Dempo Pagaralam (3195Mdpl)

Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi dI Sumatera Selatan dengan tinggi 3195 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini bisa dikatakan sangat indah. Kenapa? 

Ada kawah yang sampai saat ini masih aktif. Kawah berwarna biru ini tepat di puncak Gunung Dempo Sumatera Selatan.

Gunung di Sumatera Selatan
 Kawah Gunung Dempo (Foto: backpackerjakarta.com)

Perjalanan pendakian di gunung ini pun diawali dengan pemandangan yang indah. Ada perkebunan teh yang luas di pagar alam yang menjadi rutenya.

2 Gunung Seminung (1.881 Mdpl)

Gunung ini berada di perbatasan antara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan. Jalur pendakiannya pun ada 2 arah yakni dari Lumbok Lambar dan Kotabaru Sumsel. 

Gunung di Sumatera Selatan
 Informasi Gunung Seminung

Meski gunung ini tidak terlalu tinggi, namun dari atas sini pemandangan sangat menakjubkan. Ada danau dibawahnya yang seolah menjadikan Seminung nampak berdiri di atas Danau Ranau.


Gunung di Sumatera Selatan
Gambar Gunung Seminung 

Sebelum rekan-rekan mendaki, kami berbagi sedikit tips sebelum mendaki gunung yakni:
  • Melatih otot kaki dan kesimbangan, mejaga kesehatan terutama daya tahan
  • Menyiapakan perlengkapan pendakian dan survival
  • Ketika mendaki jangan malu bilang capek
  • Hormati adat istiadat setempat
  • Jangan buang sampah sembarangan
  • Pakai simaksi atau izin ke juru kunci dan pastikan anda dalam keadaan sehat sebelum mendaki.
Nah, itulah 2 Gunung di Sumatera Selatan yang eksotis untuk pendakian. Bagi anda yang akan mendaki, tetap jaga keselamatan. Selamat mendaki

Sebelum mendaki mampir dulu ke: Toko outdoor di Palembang