Artikel Terbaru

Ada Hikmah Dibalik Musibah

Kito Palembang - Ada Hikmah Dibalik Musibah. Musibah bisa kapan saja dan dimana saja menimpa seseorang. Caranya pun ada beragam, bisa saja karena hal-hal sepele maupun hal yang memang besar. Dampaknya pun bisa sedikit dan juga bisa fatal.

Ada Hikmah Dibalik Musibah


Sebenarnya dalam sebuah musibah yang menimpa kita ada hikmah yang bisa diambil jika kita cermat. Contohnya ketika kita mengalami kegagalan dalam ujian sekolah, mungkin saja itu peringatan untuk kita supaya lebih giat lagi dalam belajar.
Dr. Samuel Jhonson mengatakan “kemampuan melihat sisi baik dari setiap peristiwa yang terjadi, lebih berharga dari penghasilan 1000 poundsterling setiap tahun”
Dr. Aidh bin Abullah al-Qarni membuat artikel didalam buku Fenomenal Dont Be Sad yang berjudul “Berkah dari malapetaka”yang mengulas mengenai ada sebuah berkah di balik musibah yang menimpa manusia.
Allah berfirman
Dan tidaklah mereka (orang-orang yang munafik) itu memerhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali dalam setahun, kemudian mereka tidak juga bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran. (At taubah: 127).

Pada kesmepatan ini kami akan berbagi beberapa musibah yang pernah menimpa kami lalu kami ambil hikmah dibalik peristiwa itu.

Baca Juga: Portal Berita Islam Terpercaya

Kecelakaan sampai dirawat dirumah sakit
Saat itu terjadi kecelakaan yang membuat beberapa anggota tubuh saya terluka. Saya pun dirawat dirumah sakit untuk waktu yang cukup lama. Selama itu pula saudara, rekan dan kenalan yang lama tidak bertemu dengan saya datang untuk menjenguk. Bahkan ada saudara dan teman yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu dengan saya akhirnya dipertemukan lagi.

Kehilangan motor
Saat sedang kuliah saya pernah kehilangan motor. Saat itu motor terparkir di parkiran kampus, namun ketika sore hari motor sudah digondol maling. Motor yang hilang tersebut merupakan jenis motor yang bagus, harganya pun mahal. Jujur saat itu saya dalam kerugian yang besar. Beberapa bulan kemudian saya akhirnya dibelikan motor, namun motor bekas yang jujur kondisinya sudah buruk, bahkan susah untuk jalan jauh karena sering mogok.

Baca Juga: Cara Menyikapi Omongan Orang 

Di posisi itulah saya merasa bahwa dulu ketika motor bagus saya jarang mensyukurinya. Saat hilang baru terasa bahwa itu penting. Saat ini punya motor pun alhamdulilah, saya sangat bersyukur meskipun tidak sebagus yang dulu. Motor buruk ini punmengajari saya untuk sabar dalam berkendara, karena memang tidak bisa untuk kebutkebutan seperti motor yang hilang dulu.

Nyasar
Suatu saat saya dimintai tolong untuk mengantar rekan saya pulang dari sebuah rapat. Saat itu saya orang baru diwilayah tersebut dan kondisinya malam.  Saat ke arah rumahnya saya lancar karena teman saya tersebut mengarahkan saya. Namun saat pulang saya bingung, hampir 1 jam lamanya saya nyasar. Sampai akhirnya saya bertemu dengan sebuah jalan yang pernah saya lewati sebelumnya dan kemudian saya bisa sampai ke rumah. 

Lalu suatu saat saya dan rekan saya menuju ke rumah sesorang, namun belum tau arahnya. Ia hanya menunjukan arahnya saja, tak disangka itu adalah jalan yang waktu itu saya lewati ketika nyasar. Kemudian saya mengingat-ingat dan kemudian arahnya sama dengan petunjuk ke rumah rekan saya. Jalan nyasar itupun mengarahkan saya kerumah teman.

Mengambil pelajaran dari adanya musibah

Ada sebab, ada akibat. Kata-kata itu bisa kita renungkan lalu kemudian dipahami secara mendalam. Di dalam musibah yang kita alami bisa kita gali pelajaran berharga atau hikmah serta hal positifnya.

Kata-kata hikmah dibalik musibah
Pandailah mengambil hikmah di dalam sebuah musibah
Percayalah, ada hikmah dibalik musibah
Belajarlah dari kesalahan atau musibah yang menimpa
Sabar, pasti ada hikmah dibalik musibah ini
Luka pasti ada peyebabnya dan obatnya
Jatuh mengajarkan kita untuk bangkit
Hujan terkadang memawa pelangi yang indah
Nyamuk saja ada manfaatnya
Nah, itulah sederet kisah mengenai adanya hikmah dibalik musibah. Bawalah diri anda untuk mampu mengambil setiap hikmah dan pelajaran dibalik sebuah musibah.

Buat kamu yang punya kisah hikmah dibalik musibah bisa memposting dan membaginya di sosial media dengan memberi hastag seperti dibawah ini. Harapannya untuk memotivasi kawan atau orang disekitarnya. Lest go.

ayat tentang hikmah dibalik musibah | hikmah dibalik musibah kematian | khutbah jumat hikmah dibalik musibah | setiap ujian pasti ada hikmahnya | hikmah dibalik musibah sakit
| hikmah dibalik musibah kehilangan | hikmah dibalik ujian dan cobaan dari allah | hikmah dibalik musibah kecelakaan