Artikel Terbaru

Biaya, Lokasi, Alamat dan Rute Perjalanan Pulau Maspari Sumsel

Kito Palembang –  Salah Pulau di Sumatera Selatan, Pulau Maspari nan eksotis. Bagaimana cara ke pulau Maspari ? Kemana Rute perjalannya dan apa saja yang menarik disini ? Tak banyak yang tau bahwa Alam Sumsel ternyata diperkaya dengan adanya pantai dan gugusan terumbu karang yang berada di Pulau Maspari, Kabupaten OKI.

Bagaimana Cara Menuju Pulau Maspari?
Sejauh ini ada dua alternatif jalan bagi pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi ini. Rute perjalanan pertama adalah dengan menggunakan transportasi air, yaitu dengan menaiki perahu cepat langsung dari dermaga BKB (Benteng Kuto Besak) menuju Muara Sungai Musi, dan langsung dilanjutkan menuju Pulau Maspari di tengah Selat Bangka.

Pulau Maspari Sumsel
Foto: Google  Arwin Novansyah

Ya, pulau ini terletak di paling timur kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Perjalanan dengan perahu cepat berkapasitas maksimal 10 penumpang tersebut memakan waktu enam jam lamanya. Untuk biaya ke pulau maspari  kurang lebih sekitar 2,5 juta rupiah hanya untuk perjalanan pergi.

Alternatif lain untuk menuju Maspari adalah dengan menempuh jalur darat terlebih dahulu dari Palembang menuju Kecamatan Tulung Selapan di OKI. Namun perjalanan yang normalnya berlangsung selama dua jam tersebut akan terkendala pada kondisi jalan Palembang-Tulung Selapan yang rusak parah. 

Setelah tiba di Tulung Selapan pun, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menumpangi kapal cepat dari dermaga Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan. Perjalanan air tersebut berlangsung tak kurang dari empat jam lamanya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada tahun 2015 sempat meninjau kondisi Pulau Maspari. Sejak saat itu, Pulau Maspari mulai dilirik sebagai destinasi wisata potensial Sumsel di masa mendatang. Meskipun begitu beberapa kendala seperti jarak dan waktu tempuh menjadi  kendala. 

Pemerintah provinsi sumatera selatan justru merevitalisasi balai pembiakkan bibit udang windu yang ada di Pulau Maspari dan menjadikan Pulau Maspari sebagai pemasok udang windu bagi masyarakat setempat.

Seperti kebanyakan sebuah pulau yang sepi, terdapat beberapa fakta unik sampai cerita mistis dari pulau ini. Akan sulit memperoleh sinyal seluler. Namun, disalah satu sisi pulau terdapat pohon yang dipasang transmitter sederhana untuk bisa memperoleh sinyal. Alhasil, pohon ini diberi nama “Pohon Sinyal”. 

Terdapat juga Menara Suar yang berguna memandu kapal-kapal yang melintasi Selat Bangka. Pulai ini tidak berpenghuni, namun ada dua bangunan utama yang terdapat dipulau ini berupa basecamp atau mes milik Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Selatan.

Berikut ini adalah mapsnya: Pulau Maspari