Artikel Terbaru

7 Penyebab Skripsi Lama, Bahkan Sampe Kampus Mau Tutup

Kito Palembang - Penyebab Skripsi Lama yang pernah saya alami dan juga dialami oleh rekan sejawat saat memburu titel sarjana. Ada yang tau ? Jangan-jangan anda juga skrisinya luama. Malah jangan-jangan skripsi sampean belum rampung ! Duh kasian mama papa dirumah loh.

Tugas akhir alias skripsi kadang menjadi momok karena kerumitannya. Makin riweh lagi tat kala dosen pembimbing susah ditemui. Misal, ada teman saya yang dosennya pergi ke Peru beberapa bulan. Akhirnya skripsinya mangkrak sampai kena sarang laba-laba. Kadang beberapa kecoa juga ikut menggerogoti lembar draftnya.

Ada juga kasus teman saya yang bingung ketika judulnya dirombak oleh dosen. Ia diberi tenggang waktu 2 minggu untuk meperbaiki draft. Namun karena ia bingung tak ketulungan akhirnya 2 bulan draft itu tak disentuh. Ia lebih memilih maen mobile legend ketimbang menyentuh draftnya tersebut. Kadang ia juga sesekali main PES. Kadang juga main UNO di kantin pojok kampus.

Ada banyak penyebab skripsi lama yang perlu diketahui oleh kita, orang tua kita dan dosen kita. Mantan dan pacar juga harus tau biar makin gamblang.

1. Bingung Mau Ngerjain Apa
Ini hal yang paling mengenaskan. Ketika seorang mahasiswa mengusulkan judul dan kemudian diseminarkan dan ACC ambil data. Tapi malapetaka datang, ia bingung mau mengerjakan apa. “Ini ngambil datanya gimana ya ? Bro ngolah data ini gimana ya ? Waduh gw bingung mau bahas apa nih di BAB III,” curhat teman yang kesusahan ketika hendak dan setelah mengambil data. 

Source Ist Net

Bagaimana untuk menyiasati ini? Cari skripsi serupa yang bisa dijadikan rujukan. Misal judulnya tentang “Pengaruh Kadal Terhadap Sinyal” maka bisa mencari skripsi yang terkait. Contohnya “Pengaruh Buaya Terhadap Sinyal 4G”. Tak hanya skripsi, cari juga jurnal, buku, situs online, blog kredibel, google cendikia dan majalah. Bisa juga mencari kakak tingkat yang pernah melakukan kajian serupa. Manfaatkan sosial media untuk menanyakan hal ini. Misal update di instastory, status WA dan FB “Eh gw riset tentang kadal loh, ada yang pernah??.”. Itu lebih baik ketimbang buat status alay yang tidak berfaedah. “Eh, gw makan kadal.” kan konyol toh.

2. Males Revisi
Penyebab skripsi lama yang kedua adalah rasa malas merevisi hasil koreksian setelah draft dikembalikan. Banyak kesalahan, banyak yang dicoret dosen. Padahal sudah 7 hari 7 malam fokus mengerjakan. Kadang kala ini mematahkan semangat.  Revisi dari dosen itu hal wajar, semua mahasiswa pasti mengalaminya. Dosen pembimbing ingin tulisan kita minimal layak untuk dibaca. Walau kadang banyak juga yang menginginkan kesempurnaan.

Solusinya jangan ditunda. Ya, misal dosen menyerahkan pagi hari. Maka siang hari langsung kerjakan. Jangan sampai ditunda. Jangan sampai nuansa musim skripsi menjadi loyo karena menunda pengerjaanya. Menunda beberapa jam bisa menurunkan semangat. Banyak kejadian para mahasiswa yang menunda sehari, kemudian jadi seminggu dan akhirnya sebulan revisian tidak kelar. Yuk

Kenali: Penyebab Susah Menulis

3. Menemukan Jurus “Melipir”
Penyebab skripsi lama yang ketiga yakni tradisi mahasiswa jaman now yang suka menghilang tat kala disuruh menghadap dosen untuk menyerahkan draft perbaikan skripsi. Alasannya beragam, ada yang malas, belum selesai, belum berani, merasa belum layak dan alasan lain ala muslihat mahasiswa yang punya 1001 alasan. 

Source Ist Net

Sebenarnya bertemu dosen itu sama seperti bertemu manusia pada umumnya. Tak perlu takut, toh ia juga pernah jadi mahasiswa juga. Jika memang tak ada kendala, hadapi dosen meskipun draft belum rampung. Disitu mahasiswa bisa mengutarakan permasalahan dan kendala yang dihadapi. Syukur-syukur ada solusi yang diberikan. Atau setidaknya dosen tahu jika ada masalah. Intinya jangan lari dari masalah, masalah untuk dihadapi. Melipir adalah masalah yang akan menimbulkan masalah baru.

4. Punya Dunia Baru yang Lebih Asik
Mengerjakan skripsi itu rawan bosan, rawan bete dan rawan stres. Butuh mood boster yang ampuh untuk menjaga ritme perjuangan di akhir kuliah ini. Tapi kadang ada godaan. Misal jalan-jalan gratis, job, jadi volunter event yang besar, ikut lomba dan ditawari kerja. Ini godaan berat. Saya pernah tergoda. Kala itu banyak job menulis online yang lebih asik. Seminggu, dua minggu, sampai beberapa bulan akhirnya saya sama sekali tak menggarap draft sama sekali. 

Untungnya saya ingat kalau kuliah itu bayar, dan ada lama masa studi yang tercantum di ijazah. Kemdian saya meluruskan niat dan tujuan saya. Meskipun sesekali tetap mengambil job ( buat hiburan sama beli kuota aja).

Bisa Juga Baca: Penyebab Gagal Move On
 
5. Berada di Lingkungan yang Salah
Mengerjakan skripsi butuh fokus. Waktu, tenaga dan konsentrasi terus dikeluarkan. Akan jadi penghalang ketika mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi berada di “iklim” mahasiswa malas. Bisa-bisa wabah malas itu ikut menerpa. Oleh sebab itu ciptakan “atmosfer” sendiri. Cari teman yang juga sedang mengerjakan skripsi. Ajak bareng, saling bantu dan saling mengingatkan. Tapi tetap berteman dengan teman yang pemalas tadi ya. Cukup jaga suasana skripsian itu loh.

6. Dosennya Ya Ampun Banget
Penyebab skripsi lama tak hanya dari mahasiswa loh. Dosen juga patut untuk disalahkan. Kenapa ? Ada loh dosen yang susah ditemui. Dosen yang semaunya. Dosen yang minta ini, minta itu tanpa bimbingan dan arahan jelas. Dan banyak juga “dosen terbang” yang dijadikan pembimbing skripsi. Ia punya “sayap” sebagai dalih untuk menghindar saat didatangi para mahasiswa pemburu bimbingan. Uh kasian. 
Source Ist Net

Intinya mahasiswa yang semangat dan cerdas tak kehabisan akal. Pepet terus. Hubungi via kontaknya. Minta konfirmasi dan kejelasan. Minta bimbingan tapi tetap dengan cara yang sopan biar gak kena omelan. Perhatikan juga watak dosen, apakah dia baperan, guyonan, ngambekan, seriusan, ngilangan, proyekan, ganjenan atau apalah. Kejar terus sampai dapat. Tunjukan perjuanganmu kawan-kawan.

7. Mahasiswanya Ya Ampun Banget
Dia bingung mau nergjain apa, males revisi, suka melipir, asik dengan dunia lain, berada di lingkungan salah dan dosennya ya ampun. Itu adalah kombinasi lengkap penyebab skripsi lama. Al hasil, skripsi pun tak kunjung dicetak sampai kampusnya tutup. Hiks,,,

Penyebab Skripsi Lama
Source Ist Net

Solusinya adalah semangat. Kuliah bukan hanya tentang perjuangan seorang mahasiswa. Ada orang tua yang rela banting tulang membiayai. Ada masa depan yang sudah menunggu. Ada jodoh yang harus dinikahi. Ada rezeki yang harus dijemput. Ada alasan yang bisa mahasiswa susun sendiri, karena mahasiswa punya intelektual tinggi untuk membuat sebuah alasan.

Jadi Apa Penyebab Skripsi Lama Yang Kamu Alami ? Atau Pernah Kamu Alami ? Atau Sekiranya Akan Kamu Alami.